Rekomendasi 6 Aplikasi Edit Video Android Terbaik untuk Para Vlogger

Sebagai seorang vlogger tentu kita dituntut untuk menyajikan video yang unik, informatif dan menarik perhatian publik. Untuk menciptakan video tersebut tentu kita membutuhkan bantuan aplikasi edit video untuk menambah konten, menggabungkan atau memotong video serta memberikan efek di dalamnya. Bahkan, kemajuan teknologi saat ini telah mendukung editing video melalui Android sehingga bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Nah, berikut rekomendasi 6 aplikasi edit video Android untuk Anda.


Daftar Aplikasi Edit Video Android yang Recommended

1. VivaVideo

VivaVideo merupakan aplikasi edit video Android yang sudah umum di masyarakat. Sebagian besar video yang sering dipublikasikan di instagram maupun YouTube juga dibuat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi edit video ini memiliki fitur yang lengkap mulai dari input teks, pemberian efek, menyediakan berbagai pilihan template serta terdapat sekitar 200 filter yang bisa digunakan. Semua fitur tersebut dapat diunduh secara gratis.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini yaitu dapat digunakan untuk membuat video slow motion maupun fast motion. Namun, aplikasi ini memiliki batasan durasi video yang sangat singkat yiatu sekitar 10 detik. Selain itu, kekurangan lainnya dari penggunaan aplikasi VivaVideo yaitu terdapat watermark pada hasil edtting video.

2. FilmoraGo

FilmoraGo merupakan salah satu aplikasi untuk mempercantik video dimana di dalamnya terdapat berbagai pilihan transisi dan efek yang dinamis dan keren. Aplikasi edit video Android ini juga menyediakan fitur music sehingga video yang Anda buat akan memiliki backsound. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan yaitu tidak memberikan batasan waktu sehingga pengguna bisa membuat video dengan durasi sesuai seleranya serta tidak memberikan watermark pada video yang dihasilkan.

Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah adanya fitur picture in picture yang merupakan sebuah fasilitas untuk menambahkan foto atau video ke dalam video utama. Kekurangan dari aplikasi ini yaitu penggunanya tidak bisa membuat backsound dengan lagu favoritnya karena hanya bisa menggunakan musik yang ada di aplikasi tersebut.


3. Videoshop

Aplikasi sunting video yang bisa dilakukan menggunakan Android lainnya yaitu aplikasi Videoshop. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit video dengan menambahkan efek, transisi, filter dan mengatur pencahayaan. Bahkan, video ini juga menyediakan fitur penambahan efek suara seperti suara binatang, suara orang tertawa atatupun suara kentut. Aplikasi ini juga didukung dengan fitur stop motion dan rekaman voice over di dalamnya.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi edit video Android ini yaitu dapat digunakan untuk melakukan edit video terbalik. Selain itu, kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah dapat menambahkan backsound lagu kesukaan pengguna yang tersimpan di Android.

4. AndroVid – Video Editor

Aplikasi AndroVid – Video Editor merupakan salah satu aplikasi edit video dengan tools yang cukup lengkap mulai dari memotong video, menambahkan teks, efek, suara dan juga filter video. Aplikasi ini memiliki desain tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan untuk pemula. Aplikasi edit video Android ini juga menyediakan fitur Animated GIF sehingga pengguna dapat membuat video animasi lucu berupa gambar bergerak yang dikonversi dari video yang ada. Keunggulan lainnya yang dimiliki aplikasi gratis ini yaitu dapat membuat video yang bergerak mundur (Video Reverse).

5. Adobe Premiere Clip

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap aplikasi besutan Adobe tidak perlu dipertanyakan lagi terkait kualitasnya, begitu juga pada aplikasi Adobe Premiere Clip yang dipercaya sebagai aplikasi edit vedio Android terbaik. Aplikasi ini menyediakan fitur editing video secara otomatis dari foto dan video yang ada di Android maupun manual dengan berbagai tools, filter dan efek di dalamnya. Aplikais ini juga dilengkapi dengan berbagai pilihan music untuk backsound video.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan daftar terlebih dahulu ke Adobe ID. Anda tidak perlu khawatir karena pendaftaran ini tidak dipungut biaya. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu pegguna bisa melihat video pengguna lainnya yang mungkin bisa dijadikan referensi. Namun, aplikasi ini tidak memiliki mode tampilan landscape sehingga proses edit video hanya bisa dilakukan secara portrait.

6. Reverse Movie FX

Selain AndroVid, aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk membuat video mundur (reverse video) yaitu aplikai Reverse Movie FX. Aplikasi ini akan membantu Anda membuat video-video sulap yang lucu untuk menghibur anak-anak seperti membuat utuh kembali gelas yang sudah pecah atau menyatukan kertas kecil yang berserakan. Bahkan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur telekinesis yaitu trik mengambil sebuah benda tanpa menyentuh benda tersebut dengan jari seolah-olah tangan Anda bisa menyedot benda tersebut.

Nah, itulah tadi kumpulan aplikasi edit video Android yang rekomemended untuk Anda dengan fitur-fitur dan tools yang lengkap untuk menghasilkan video yang keren dan berkualitas. Selain bantuan dari aplikasi tersebut, kreatifitas juga sangat dibutuhkan untuk menciptakan video yang unik, berbeda dan menarik. Semoga informasi tersebut bermanfaat.